Menu Close

Desa Wisata Tembi Bantul – Tempat Rekreasi di Jogja Bernuansa Budaya

desa wisata tembi

Ingin merasakan suasana pedesaan yang sangat kental dengan budaya Jawa? Atau belajar bikin kesenian batik hingga membuat tempe kedelai dan makanan ringan khas Jawa bernama Sagon? Keseruan dan keindahan suasana desa berpadu dengan wisata edukasi budaya dan seni seperti ini bisa kamu temukan dengan berkunjung ke Desa Wisata Tembi Yogyakarta. Desa wisata ini sudah terkenal lo. Seperti apa sih sisi menariknya? desa wisata tembi

Wisata Budaya Desa Wisata Tembi Yogyakarta

Perpaduan Homestay Dengan Ragam Seni Budaya, Ini Yang Jadikan Tembi Beda

desa wisata tembi
@desawisatatembi3

Sebenarnya di Tembi hanya banyak terdapat rumah-rumah penginapan/homestay. Namun rumah-rumah tersebut dikelola sedemikian rupa hingga menyajikan suasana wisata yang lain sewa mobil yogyakarta

Ada galeri batik, cottage unik, kerajinan tangan dan hasil seni lainnya. Kegiatan berwisatanya tak lain adalah mengunjungi berbagai tempat seni budaya, keliling desa, dan belajar membuat kerajinan.

Unik lo, Ini Paket Yang Ditawarkan Jika Kamu Berwisata ke Desa Tembi

desa wisata tembi
@desawisatatembi

Ada beragam paket wisata yang tersedia untuk menikmati suasana Desa Tembi. Misalnya ada paket Exclusif yang berisi kegiatan membatik, membuat tempat pensil, membuat tembikar, membajak ataupun tanam padi di sawah, membuat orang-orangan sawah, main lari teklek, game tangkap itik dan belut, naik dokar keliling desa wisata, dan paket kesenian angklung ataupun gejok lesung rental mobil yogyakarta

Kamu juga bisa belajar ataupun menyaksikan kesenian seperti karawitan/gamelan. Banyak lo wisatawan asing yang belajar gamelan. Bagi mereka itu keren. Anehnya generasi muda kita malah malu kalau pegang gamelan. Lebih keren main band kata mereka. Kebalik kan?

Beragam Kuliner Khas Tembi Juga Menarik Untuk Dinikmati

desa wisata tembi
@desawisatatembi1

Di Tembi kamu juga bisa menikmati berbagai makanan khas yang diolah secara tradisional. Tentunya nikmat dan beda.

Ada wedang rempah, bubur khas Tembi, sayur Lodeh Tembi, Bebek Tembi, sagon dan lainnya. Bahkan kamu juga bisa belajar untuk membuat sagon dan tempe kedelai. Ini dimasukkan dalam salah satu paket wisata Desa Tembi.

Catat Alamat dan Rutenya Yuk

Desa Tembi berlokasi di Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY. Meskipun sebenarnya Tembi adlaah nama dusun di Timbulharjo, namun sudah terlanjur populer sebagai Desa. (map)

Untuk ke sini rutenya mudah kok. Hanya 15 menit saja dari kawasan Malioboro. Tepatnya di Jalan Parangtritis Kilometer 8.5, kamu sudah bisa lihat plang bertuliskan “Tembi”.

Tiket Masuk, Biaya, Dan Paket Wisata Desa Tembi

Karena sejatinya Tembi adalah kawasan homestay, maka masuk ke kawasan ini hal pertama adalah memilih paket wisata dan menginapnya. Ada beberapa penyedia paket wisata di Desa Tembi, sehingga kamu perlu juga memilih-milih paket tersebut sesuai tebal tipisnya kantong.

Contoh paket wisata di Desa Tembi yang disediakan Tembivillage.com misalnya seperti berikut ini.

Paket Wisata Desa Tembi:

  • Membatik Kain: Rp30.000/orang
  • Membatik Topeng Kayu: Rp50.000/orang
  • Membuat Kerajinan Tempat pensil (Rp.25.000/orang) dan tempat tisu (Rp50.000/orang)
  • Membuat Tembikar/Keramik: Rp20.000/orang
  • Tatah Sungging Wayang: Rp50.000/orang
  • Mewarnai Keramik: Rp20.000/orang

Paket Kegiatan Kuliner :

  • Membuat Tempe Dele (kedelai): Rp20.000/orang
  • Membuat Sagon: Rp20.000/orang

Paket Wisata :

  • Naik Dokar Keliling Desa: Rp150.000/2 jam, per dokar kapasitas 5 orang
  • Naik Dokar Keliling Tembi, Pasar Seni Gabusan, Sentra Kerajina Kulit Manding: Rp. 250.000/2 jam
  • Naik Dokar Dari Tembi Menuju Sentra Gerabah Kasongan: Rp300.000/2 jam
  • Naik Sepeda Ontel: Rp. 30.000/12 jam

Nah, menarik bukan menu wisata yang tersedia di Desa Tembi, Yogyakarta? Ayo deh ajak rekan, keluarga ataupun komunitasmu untuk menikmati keindahan suasana desa bidaya ini. Banyak lo rombongan studi tour yang ke sini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *