Keuntungan Memiliki NPWP Bagi Pengusaha Rental Mobil

Keuntungan Memiliki NPWP Bagi Pengusaha Rental Mobil

Keuntungan Memiliki NPWP Bagi Pengusaha Rental Mobil

Sebelum kita membahas keuntungan menyewa mobil di tempat rental mobil yang sudah memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Terlebih dahulu kita telaah posisi pajak bagi perekonomian negera kita, serta adakah kondisi ideal yang lebih baik. Hal tersebut penting dibahas oleh pengusaha dan penyewa mobil agar punya gambaran yang lain tentang model pengaturan ekonomi sehingga lebih kritis dalam menilai kebijakan yang ada.

Tidak bisa dipungkiri, pajak menjadi instrumen negara terbesar untuk mencari dana. Hal tersebut menjadi ciri khas sistem ekonomi kapitalisme. Yaitu beban untuk mengelola negara diserahkan pada masyarakat lewat mekanisme pajak. Maka tak heran muncul berbagai macam jenis pajak dengan besaran yang berbeda-beda. Termasuk salah satunya pajak mobil yang menjadi biaya rutin tahunan usaha rental mobil, pajak penghasilan dan lain-lain. Yang mana, adanya pajak tersebut ikut andil menentukan besarnya tarif sewa mobil.

Jika ada yang bertanya? Apakah negara ini kekurangan sumber daya alam sehingga harus mengambil pajak terus menerus. Menurut hemat kami tidak, kekayaan alam di Indonesia amat melimpah. Namun karena sistem kapitalisme yang diterapkan, pengelolaan kekayaan alam dilakukan oleh korporasi lokal maupun asing, yang pada gilirannya membuat pemasukan negara untuk menjalankan fungsi kenegaraannya jadi kurang. Maka ditempuhlah jalur pajak.

Baca juga : Menambah Armada Mobil Tanpa Kredit Bank

Bagi pengusaha rental mobil dan penyewa mobil rental yang budiman. Adakah sistem ekonomi lain yang tidak bertumpu pada pajak. Kami meyakini ada, sebuah sistem ekonomi yang membagi kepemilikan menjadi 3, yaitu kepemilikan pribadi, kepemilikan masyarakat dan kepemilikan negara. Barang tambang dan kekayaan lain adalah kepemilikan masyarakat yang tidak boleh dikuasakan pada swasta lokal maupun asing. Sahabat bisa googling sendiri soal sistem alternatif yang kami sampaikan diatas. Salah satu ciri yang menonjol dari sistem ekonomi ini adalah konsep kepemilikan yang kami sampaikan tadi.

Keuntungan Memiliki NPWP Bagi Rental Mobil

Ilustrasi mobil rental, sumber unsplash

 

Ok, balik lagi ke pentingnya memiliki NPWP bagi pengusaha rental mobil. Kita tidak perlu meratapi kondisi dimana kita memakai aturan yang ‘tidak baik’ seperti ini. Itu biarlah menjadi tanggung jawab dunia akhirat bagi para penguasa. Namun, jika rental mobil memiliki NPWP perusahaan, akan didapat keuntungan sebagai berikut.

Mempermudah administrasi

Karena pentingnya pemasukan negara dari pajak. Maka agar masyarakat mau membayar pajak dibuatlah mekanisme sanksi. Salah satunya adalah kesulitan administrasi lain jika tidak memiliki NPWP. Seperti sulit mengurus ijin usaha (SIUP). Yang mana izin usaha adalah hal yang vital bagi bisnis rental mobil.

Bisa menjaring klien perusahaan / instansi

Perusahaan dan instansi yang menggunakan jasa rental mobil juga perlu berhubungan dengan rental mobil yang sudah memiliki NPWP. Agar proses pencatatan pajak mereka juga mudah. Ini adalah salah satu keunggulan dari rental mobil resmi, dimana izin dan no NPWP dimiliki.

Keuntungan perpajakan lain

Dengan adanya NPWP, usaha rental mobil juga akan dimudahkan mengurus hal yang berkaitan dengan pajak lainnya. Seperti restitusi pajak, pengajuan pengurangan pajak dan mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Itulah beberapa manfaat yang diterima oleh jasa rental mobil yang sudah memiliki NPWP. Jika pembaca yang budiman berasal dari perusahaan atau instansi yang membutuhkan rental mobil Jogja yang resmi izinnya serta sudah memiliki NPWP, kami dari CV Tugu Tour & Rent Car siap membantu Anda. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *