Bisakah Menambah Armada Mobil Rental Tanpa Kredit Bank?

Bisakah Menambah Armada Mobil Rental Tanpa Kredit Bank?

Bisakah Menambah Armada Mobil Rental Tanpa Kredit Bank?

Menambah armada mobil rental tanpa kredit bank – Sudah menjadi hal yang umum bahwa perekonomian negara ini ditopang oleh bank. Kegiatan bank masuk kedalam sendi-sendi perekonomian masyarakat kecil, menengah hingga atas. Hal tersebut juga berefek pada kegiatan usaha rental mobil, baik di Jogja maupun di daerah lain di Indonesia. Ya, karena satu Indonesia, bahkan hampir 1 dunia memakai corak sistem ekonomi yang sama, yaitu sistem ekonomi kapitalisme, dimana bank menjadi salah satu penopang sistem ekonomi tersebut.

Sudah lazim dikalangan pengusaha rental mobil baik muslim maupun non muslim untuk menggunakan jasa bank saat menambah mobil yang dipakai dalam jasa sewa menyewa mobil ini. Bagi orang yang bukan muslim, hal tersebut sepertinya tidak menjadi masalah karena detail kehidupan ekonomi tidak diatur. Namun bagi seorang muslim, menggunakan bank sebagai sarana untuk menambah armada rental mobil dengan meminjam kredit di bank adalah masalah besar. Karena terkait dengan dosa riba dalam aktivitas tersebut.

Sebagaimana kita tahu, saat ini gelombang kesadaran masyarakat akan dosa riba semakin lama semakin membesar. Banyak pengajian di masjid, diskusi di kampus yang membicarakan soal keharaman riba tersebut. Semakin lama, semakin banyak orang yang hijrah dari riba menuju muamalah yang Islami. Hal itu juga bisa jadi mempengaruhi sebagian pengusaha rental mobil yang ada di Indonesia.

Bisakah Menambah Armada Mobil Rental Tanpa Kredit Bank

Ilustrasi mobil rental, sumber unsplash

 

Lantas, apakah tidak ada solusi atau cara lain saat ini untuk menambah armada mobil rental tanpa menggunakan kredit bank? Jawabannya ada di ujung langit, adalah bisa. Seperti apa caranya? Berikut kami uraikan dua cara yang mungkin dilakukan pengusaha rental mobil untuk menambah armada mobil rental tanpa kredit bank.

Bagi hasil dengan investor

Pengusaha rental mobil bisa mencari investor yang mau menanamkan modalnya dalam bentuk kerjasama syirkah. Tentu hal ini bisa dilakukan jika bisnis rental mobil Anda benar-benar sehat dan menguntungkan. Anda pun dikenal sebagai orang yang pandai atau cakap dalam menjalankan bisnis ini. Jika seperti itu, sepertinya dengan mudah Anda akan mendapatkan investor yang bersedia kerjasama syirkah bagi hasil dengan Anda.

Bagi hasil dengan pemilik mobil

Diluar sana, banyak pemilik mobil yang memiliki mobil lebih dari satu. Daripada menganggur, Anda bisa tawari untuk kerjasama mengelolakan mobil mereka untuk direntalkan. Nanti disetiap bulan akan diberikan laporan. Berapa penghasilan bersih dari mobil mereka dan berapa bagi hasil untuk mereka.

Itulah dua hal yang bisa dilakukan untuk menambah mobil rental tanpa bersinggungan dengan bank. Bisa jadi Anda memiliki pengalaman lain yang juga bisa dilakukan? Silahkan berikan saran dan perbaikan melalui kolom komentar. Salam hangat dari rental mobil Jogja CV Tugu Tour & Rent Car.

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *