Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan objek wisata yang paling terkenal di Yogyakarta. Parangtritis mempunyai pemandangan unik yang tidak ditemukan pada objek wisata lainnya yaitu gumuk pasir yaitu gunung-gunung pasir di sekitar pantai. Gumuk ini dikatakan sebagai satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara. Di sini, Anda akan merasa sedang berada di Afrika sebab luasnya lautan pasir dan udaranya yang lebih panas dibanding daerah sekitarnya. Jarak Malioboro ke Pantai Parangtritis sekitar 28 km. Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Nyi Roro Kidul, sang penguasa laut selatan. Salah satu mitosnya adalah wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis dianjurkan untuk tidak memakai baju hijau, sebab hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul. Menjelang hari raya Nyepi, Pantai Parangtritis dijadikan lokasi Upacara Melasti bagi ribuan umat Hindu di Yogyakarta. Acara ini akan diawali dengan kirab sesaji yang diiringi gamelan Bali kemudian diakhiri dengan melarung sesaji atau pakelem.Tiket masuk kawasan Pantai Parangtritis sebesar Rp 5.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk asuransi jiwa.

Tempat Wisata dan Lokasi Asyik di Sekitar Pantai Parangtritis

  • Landasan Paralayang Watu Gupit
    Terletak tak jauh dari Tebing Parangndog, landasan paralayang Watu Gupit menjadi spot terbaik melihat senja. Dari ketinggian tempat ini kamu juga bisa melihat kawasan Pantai Parangtritis secara menyeluruh hingga ke batas cakrawala.
  • Tebing Parangndog
    Tebing-tebing karst yang membentengi sisi timur Pantai Parangtritis merupakan surga bagi para pemanjat. Di Tebing Parangndog itu terdapat beberapa jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan beragam. Bonus dari memanjat Tebing Parangndog adalah bisa menyaksikan hamparan samudra nan luas dari ketinggian.
  • Gumuk Pasir
    Tak harus jauh-jauh ke Arab atau Mesir untuk melihat padang pasir, kamu cukup datang ke Parangtritis. Di pantai ini terdapat fenomena alam berupa gundukan-gundukan pasir hasil bentukan angin. Pemandangannya yang unik dan menarik membuat kawasan gumuk pasir sering dijadikan lokasi pemotretan atau syuting video klip. AgnezMo dan Hivi adalah penyanyi yang pernah syuting di tempat ini.
  • Air Terjun
    Air Terjun yang ada di sisi timur Pantai Parangtritis ini merupakan air terjun musiman yang hanya ada di musim penghujan. Saat musim kemarau biasanya debit air sangatlah kecil bahkan terkadang kering. Namun jika musim penghujan tiba kamu bisa menyaksikan air yang mengalir dari tebing tinggi menuju laut dengan debit yang cukup besar. Biasanya banyak muda-mudi yang mandi-mandi di bawah air terjun ini.
  • Pantai Parangkusumo
    Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritismerupakan dua sejoli yang tak terpisahkan. Jika kamu menyusuri bibir pantai ke arah barat maka kamu akan tiba di Parangkusumo. Pantai Parangkusumo biasa digunakan sebagai tempat ritual larung saji atau labuhan. Tak jauh dari bibir pantai juga terdapat pesanggrahan.
  • Gua Langse
    Gua Langse terletak di kaki tebing sebelah timur Pantai Parangtritis. Untuk mencapainya kamu harus naik bukit terlebih dulu, kemudian menuruni anak tangga dari besi dan kayu yang terpasang di dinding tebing. Berhubung lokasinya ekstrim dan jalurnya curam, kamu harus ekstra hati-hati.

Maps Menuju Pantai Parangtritis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *