Desa Wisata Kalibiru, Tempat Wisata Alam yang Indah

Desa Wisata Kalibiru, Tempat Wisata Alam yang Indah

Desa Wisata Kalibiru, Tempat Wisata Alam yang Indah

Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal menjadi kota pelajar karena menjamurnya sekolah juga kampus ternama seperti UGM, UNY, UIN, UII, dan sebagainya, tidak pernah kehabisan daerah wisata alam sebagai penarik wisatawan berkunjung ke Yogyakarta. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai tempat yang asyik untuk dikunjungi bersama sahabat. Tempat ini merupakan tempat yang hits didatangi oleh kaula muda karena menyajikan pemandangan alam yang begitu indah.

Tempat yang akan kami bahas kali ini adalah Desa Wisata Kalibiru. Lokasi Desa Wisata Kalibiru berada di Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini berjarak kurang lebih 2 km dari Waduk Sermo dan 40 km dari kota Yogyakarta. Desa Wisata kalibiru adalah kawasan hutan yang dikelola masyarakat dan dijadikan sebagai objek wisata alam. Desa Wisata ini resmi dikelola oleh masyarakat sejak 14 Februari 2008 dimana sebelumnya kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung dan terus mengalami pembakaran liar, kemudian masyarakat berinisiatif untuk merawatnya kembali hingga sampai sekarang. Desa Wisata Kalibiru berada 450 meter dari atas permukaan laut.

Karena Desa Wisata ini adalah kawasan hutan yang telah dirawat maka kalau kamu dan sahabatmu pergi ke sini akan terlihat pemandangan hijau yang begitu asri. Ditambah lagi adanya pemandangan Waduk Sermo, Gunung Merapi, dan pantai selatan. Pemandangan ini dapat dilihat secara jelas ketika kamu bisa berada di Menara Pandang . Menara Pandang ini adalah sebuah tempat dari papan yang dibuat di pohon pinus. Pada pohon ini dibuat sebuah papan yang memungkinkan kita untuk duduk dan melihat keindahan pemandangan yang terhampar di depan kita. Waktu yang menarik ketika naik ke menara pandang ini adalah ketika sore hari, yaitu waktu ketika matahari tenggelam. Pagi hari bisa saja kamu mendapatkan pemandangan bagus berupa matahari terbit, akan tetapi tempat ini belum dibuka. Di tempat inipun telah disediakan fotografer profesional jika kamu ingin mengabadikan indahnya pemandangan yang kamu lihat.

Desa Wisata Kalibiru, Wisata Alam yang Indah

Desa Wisata Kalibiru, Wisata Alam yang Indah. Sumber ilustrasi: IG @andre_d.j

 

Selain menyajikan pemandangan yang indah, Desa Wisata Kalibiru juga menyediakan wahana outbond flying fox dan high rope yang menantang adrenalin dan ketika memainkannya kamu bisa sembari melihat pemandangan alam yang terbentang. Permainan outbond dimulai dengan memanjat batu dan di akhiri dengan permainan flying fox. Sebelum sampai ke permainan flying fox kamu akan melewati dulu perjalanan di atas seutas tali yang berada pada ketinggian. Di Kalibiru juga menyediakan jalur tracking bagi kamu yang menyukai petualangan. Jalur tracking yang ada di sini terbagi menjadi dua yaitu jalur tracking dekat dan jauh. Jalur tracking dekat berada pada jarak dua sampai tiga kilometer, dan jalur tracking jauh berada pada jarak empat sampai lima kilometer.

Desa Wisata Kalibiru, Wisata Alam yang Indah

Desa Wisata Kalibiru, Wisata Alam yang Indah. Sumber ilustrasi gambar: IG @lightandshadowgallery

 

Jika kamu berkeinginan mengunjungi tempat ini kamu perlu tahu bahwa tempat ini buka sejak pukul 6 pagi sampai pukul 5 sore. Di sini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung yang disediakan seperti adanya toilet, masjid, penginapan, warung makan, dan ojek motor. Nah, setelah membaca artikel kami ini juga melihat beberapa gambar pemandangan di Desa Wisata Kalibiru tidakkah kamu berkeinginan pergi ke sana bersama sahabatmu? Jika iya, tidak perlu sungkan untuk menyebarkan artikel ini agar sahabatmu pun punya keinginan yang sama dengan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *