Eksotisme Air Terjun Luweng Sampang di Gunung Kidul

Eksotisme Air Terjun Luweng Sampang di Gunung Kidul

Eksotisme Air Terjun Luweng Sampang di Gunung Kidul

Yogyakarta memang istimewa. Meskipun wilayahnya tidak seluas daerah lain di Indonesia tapi Pencipta alam semesta ini menganugerahi Yogyakarta dengan potensi alam yang luar biasa banyak. Jika selama ini kita terbiasa berwisata alam ke daerah pegunungan ataupun pantai, kali ini kami akan mengulas wisata alam lainnya di Yogyakarta yaitu berwisata alam menikmati kesegaran Air Terjun Luweng Santan.

Wisata alam masih menjadi primadona destinasi berwisata di tengah letihnya masyarakat menjalani aktivitas padat setiap harinya. Air Terjun Luweng Sampang bisa menjadi salah satu referensi berharga untuk rencana destinasi wisata Anda dan keluarga selanjutnya. Indahnya batu batu cadas yang kokoh, jernih, dan segarnya air di Air Terjun Luweng Sampang bisa menjadi salah satu pengobat kepenatan berpikir selama ini. Bisa memberikan efek pengalihan kepenatan tersendiri dan membiarkan diri Anda tenang dan bersantai beberapa waktu.

Air Terjun Luweng Sampang berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Jarak transportasi menuju ke sana sekitar satu jam perjalanan jika dari arah Yogyakarta. Asal usul penamaan Luweng Sampang memiliki latar belakang tersendiri. Luweng berasal dari bahasa jawa yang dapat diartikan semacam lubang. Walaupun sebenarnya luweng kalau dalam masyarakat jawa adalah fasilitas dapur tempat untuk menghidupkan api dan terjadi proses masak memasak di situ. Atau semacam alat pembakaran tradisional. Luweng biasanya terbentuk dari tanah liat dan memang memiliki banyak lubang. Air Terjun Luweng Sampang wajar saja kalau dinamai luweng, karena jika dilihat menggunakan drone dari atas akan terbentuk semacam lubang di bagian air terjun dan sungai yang di batasi oleh dinding kapur. Nama Sampang sendiri berasal dari tempat letak air tersebut yaitu Desa Sampang.

 

Eksotisme Air Terjun Luweng Sampang di Gunung Kidul

Eksotisme Air Terjun Luweng Sampang di Gunung Kidul. Sumber: IG @areajogja

 

Seperti namanya yang unik, kondisi alam di Air Terjun Sampang juga unik. Biasanya air terjun di berbagai wilayah di Indonesia berupa air terjun yang cukup tinggi atau sangat tinggi, tapi Air terjun Luweng Sampang ini dapat dibilang cukup pendek, sehingga nuansa yang tercipta adalah ketenangan dan percikan air yang tidak terlalu keras. Selain itu, lokasi air terjun yang seperti lubang ini sebenarnya terbentuk dari dinding dinding kapur di sekitar air terjun dan sungai yang mengalir. Dinding kapur yang ada di sini terbentuk secara alami karena terkikis oleh air yang ada. Seperti kita tahu, Gunung Kidul terkenal akan lapisan karstnya, dan didominasi oleh batuan kapur. Airnya sendiri sangat unik karena berwarna hijau kebiruan ketika sedang sangat jernih. Sehingga ada warna unik perpaduan antara warna air dengan warna dinding pembatas air terjun tersebut. Akan tetapi warna sungai bisa jadi berubah menjadi cokelat keruh jika datang hujan dengan intensitas sangat deras. Sehingga, sangat disarankan datanglah ke sini ketika cuaca sedang cerah saja.

Air Terjun Luweng Sampang belum mendapatkan perhatian pengelolaan dari pemerintah setempat. Mengingat objek wisata di Gunung Kidul memang sangat banyak bahkan mencapai puluhan spot wisata. Maka, tidak heran jika Anda dan keluarga ingin mendatangi tempat ini Anda tidak akan dikenai biaya masuk. Ditambah pula, belum ada fasilitas tambahan lain. Sehingga, saran kami jika Anda berkeinginan mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang maka rencanakan pula untuk mengunjungi spot wisata lain di Gunung Kidul seperti Objek Wisata Kalibiru atau Gunungapi Purba, sehingga Anda dapat merasakan sensasi perbedaan lokasi wisata yang ada.

Sekian ulasan kami mengenai Air Terjun Luweng Sampang kali ini. Silakan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *