Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Pernah anda mendegar soal Gumuk Pasir Parangkusumo? Gumuk pasir yang terletak dikabupaten Bantul, Gumuk Pasir adalah salah satu bentang alam yang proses pembentukannya dipengaruhi angin, terbentuk karena pasir yang menumpuk dalam jumlah besar, papar ikram.

Pakar Geologi dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta Prof Bambang Prastistho menjelaskan kenapa gumuk pasir yang ada di Pantai Parangtritis tergolong unik dan layak untuk tetap dipertahankan. Proses terbentuknya gumuk pasir ternyata tidak bisa dilepaskan dari Gunung Merapi.

“Kenapa gumuk pasir yang ada di Parangtritis sangat khas. Karena setelah dilakukan penelitian, ternyata sumber pasirnya dari Gunung Merapi. Material Gunung Merapi yang berupa batu-batu besar tersebut turun melalui sungai yang berhulu dan semuanya bermuara ke pantai selatan,” katanya kepada KR, Selasa (1/3).

Mayoritas wisatawan digumuk pasir Parangkusumo digunakan untuk sanboarding.

Lokasi :jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek. Bantul, Daerah Istimewah Yogyakarta 55772

Map : KlikDisini

HTM: Rp 5.000/orang

Buka/Tutup: 06.00-19.00

Area dengan bentang pasir luas terlihat setelah melangkah masuk sekitar 60 meter dari jalan aspal, yang merupakan bagian dari gumuk pasir Parangritis. Bekas-bekas jejak kaki pejalan yang cukup banyak nampak masih belum terhapus oleh tiupan angin.Tidak jelas apakah jejak-jejak kaki itu dibuat pada pagi itu juga sebelum saya datang, atau sudah sejak ada di sana cukup lama.

Titik tertinggi bukit pasir itu terletak pada GPS -8.01796, 110.31770, namun titik ini bisa saja bergerak, karena angin bisa memindahkan pasir kemana-mana. Ketika melihat titik itu pada Google Map, barulah saya menyadari luasnya area Gumuk Pasir Parangtritis ini. Saya hanya melangkah sejauh 100 m, dan panjang area gumuk pasir ini setidaknya sekitar 600 m, dengan lebar antara 300 – 500 m.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *