kalisuci Gunungkidul tercantik di Yogyakarta yang indah dan untuk traveling yang memukau

kalisuci Gunungkidul tercantik di Yogyakarta yang indah dan untuk traveling yang memukau

kalisuci Gunungkidul tercantik di Yogyakarta yang indah dan untuk traveling yang memukau

Kalisuci berada di kawasan Kars Gunungsewu yang telah dilindungi dan diusulkan oleh International Union Speleology (IUS) pada tahun 1993 menjadi salah satu warisan alam dunia. Usul tersbut pun ditanggapi oleh Indonesia melalui presiden Republik Indonesia tahun 2004 bapak Susilo Bambang Yudhoyono, dan menetapkan kawasan tersebut menjadi Kawasan Ekokarts.

Dengan keberadaan Kalisuci tersebut, Indonesia patut berbangga karena mempunyai objek wisata yang dapat dijadikan untuk cave tubing. Mengingat kawasan wisata alam seperti Kalisuci tersebut hanya ada tiga tempat di dunia ini yaitu Kalisuci di Gunungkidul, Yogyakarta Indonesia lalu ada di Mexico dan Selandia Baru.

Wisata cave tubing Goa Kalisuci berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Sekitar 60km atau 1,5-2jam perjalanan dari kota Jogja. Cave tubing di Goa Kalisuci ini sebenarnya adalah wisata Cave tubing yang pertama di Indonesia, jauh sebelum Goa Pindul mulai menawarkan wisata yang sama.

Bagi yang suka sedikit pacuan adrenalin, menelusuri sungai bawah tanah di dalam Goa Kalisuci ini sangat patut dicoba. Arusnya cenderung lebih kencang dibandingkan dengan sungai di dalam Goa Pindul.

Wisata cave tubing Goa Kalisuci ini dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) desa setempat, dan merupakan wisata cave tubing pertama di Indonesia. Iya, bahkan sebelum Goa Pindul terkenal. Disebut “Kalisuci” karena terdapat mata air dan aliran sungai yang tetap jernih meskipun ketika musim hujan.

Di sepanjang perjalanan susur sungai di dalam Goa Kalisuci kita akan menemukan pemandangan-pemandangan yang menakjubkan. Keindahan Stalaktit dan Stalakmit yang ada benar-benar akan membuat kita terpukau oleh keindahan di dalam perut bumi ini.

Goa Kalisuci sendiri berada di kawasan Karst Gunungsewu yang sudah menjadi salah satu warisan alam dunia. Indonesia boleh berbangga karena wisata alam seperti kalisuci hanya ada tiga di dunia, yaitu di Mexico, Selandia Baru, dan Indonesia.

Di Kalisuci, wisatawan akan diajak menyusuri sungai bawah tanah goa kalisuci menggunakan ban pelampung atau dikenal dengan cave tubing, yaitu perpaduan caving (susur gua) dan body rafting.

Sebelum melaksanakan kegiatan, wisatawan akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai kegiatan cave tubing kalisuci. Selanjutnya akan diberikan pengarahan dan perlengkapan seperti jaket pelampung, headlamp, helm, pengaman lutut dan kaki, serta ban pelampung.

Selama perjalanan, wisatawan akan merasakan sensasi basah-basahan dengan segarnya air sungai yang jernih dan segar sambil menikmati keindahan ornamen stalagtit dan stalagmit yang mengagumkan. Ditambah aliran sungai yang meliuk-liuk, kokohnya tebing karst, dan tidak lupa jeram-jeram sungai yang menambah keseruan selama perjalanan. Kegiatan susur gua ini sendiri memakan waktu kurang lebih selama 1,5 jam dengan panjang trek sekitar 700 meter berupa tiga sungai terbuka dan 2 sungai goa.

Wisata Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul ini berlokasi di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul atau sekitar 50 km dari Kota Yogyakarta.

Retribusi @Rp 70.000,- (min 5 pax)

Persiapan Menjelajahi Wisata Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Untuk menikmati wisata minat khusus Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul ini, sobat harus mempersiapkan segala sesuatunya sehingga tidak hanya keamanan serta kenyamanan selama di obyek wisata yang sobat rasakan, namun juga sebelum dan sesudahnya. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami, berikut poin-poin yang harus kita persiapkan:

  • Kondisi fisik: pastikan kondisi badan sobat fit karena selain harus bergelut dengan jeram-jeram sungai bawah tanah, sobat harus mampu menaiki ratusan anak tangga untuk kembali ke basecam;
  • Pakaian ganti: Bawalah pakaian ganti lengkap karena selama penelusuran sungai, semua pakaian akan basah dan kotor;
  • Alas kaki: Pakailah alas kaki yang fleksibel dan kalau bisa yang waterproof sehingga tidak licin dan tidak takut jebol karena basah;
  • Perlengkapan mandi: Karena pasti akan berkotor-kotor ria, silakan sediakan perlengkapan mandi pribadi sobat, khususnya handuk dan sabun;
  • Plastik kresek: Sediakan tas kresek untuk membungkus pakain kotor sobat setelah menikmati wisata;
  • Booking: Lakukan pemesanan terlebih dahulu untuk mengantisipasi banyaknya antrian serta untuk memenuhi minimal pax yang disyaratkan (5 pax);
  • Pelindung gadget: Bawalah pelindung gadget agar waterproof karena wisata ini akan selalu berkaitan dengan air.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *