Kebun Buah Sedayu Memiliki 300 Tanaman Buah Langka Dari Seluruh Dunia Berada Di Bantul, Yogyakarta

Kebun Buah Sedayu Memiliki 300 Tanaman Buah Langka Dari Seluruh Dunia Berada Di Bantul, Yogyakarta

Kebun Buah Sedayu Memiliki 300 Tanaman Buah Langka Dari Seluruh Dunia Berada Di Bantul, Yogyakarta

Kebun buah Sedayu yang berlokasi di Sundi Kidul Argorejo Sedayu berupaya membudidayakan dan mengembangkan aneka tanaman buah langka. Bukan tanaman asal dalam negeri saja, namun tanaman luar negeri juga dihadirkan, seperti pohon kurma yang biasa tumbuh di Arab. Bahkan, pengelola Kebun buah Sedayu mengklaim ada 300-an tanaman langka tumbuh di agrowisata edukasi tersebut.

Kebun Buah Sedayu bisa menjadi alternatif dalam bertamasya. Dengan konsep Agro-Edukatif kebun dengan 300 tanaman buah langka dari seluruh dunia ini akan membuka wawasan para wisatawan.

Objek wisata unik ini berada di Jalan Wates km 12, Dusun Sundi, Argorejo, Sedayu, Bantul. Sangat mudah ditemukan dari pusat kota Jogja.

Cukup menarik kemudi dari Titik Nol Kilometer menuju Jalan Wates. Saat menemukan perempatan sedayu bisa ambil arah ke Wisma Maria. Bila sedikit kesulitan ada baiknya bertanya ke masyarakat sekitar karena memang objek wisata ini baru dibuka sejak awal tahun 2017.

Bonaventura Ardinugroho dan Dyah Mustikawati adalah sosok dibalik keberadaan Kebun Buah Sedayu. Mereka berdua merintis sejak beberapa tahun yang lalu untuk mengumpulkan dan membudidayakan aneka tanaman langka dari berbagai wilayah.

 

Kebun buah ini bernama Wisata   Agro Edukatif Kebun Buah Langka   Sedayu.Terletak di Jalan Wates km 12 Dusun Sundi Kidul, Kel. Argorejo,Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Kebun buah sedayu ini berbeda dengan kebun buah pada umumnya.

Disini terdapat banyak jenis buah langka yang berukuran raksasa dan berasal dari dalam negeri maupun  luar negeri. Salah satu yang menjadi pusat perhatian pengunjung adalah buah black   sapole atau sawo mexico. Sawo   ini   berasal dari mexico dan memiliki bobot hingga 3 kilogram.

Menurut Bona Fentura, pemilik   kebun buah raksasa, kebun buah   ini sebenarnya bukan tempat wisata “sebetulnya ini bukan tempat wisata, awalnya kan saya tinggal di kota banyak polusi kemudian saya pengen jaga kesehatan, lalu saya membeli kebun yang tidak terlalu luas ini ya, luasnya cuma 4500an”

Berdiri di atas tanah seluas 4500 meter persegi ,kebun buah sedayu di tanami lebih dari 350 jenis  tanaman buah langka. Tidak hanya   sawo mexico saja yang menjadi pusat perhatian pengunjung, jenis buah lain seperti jambu brazil, kacang kelaci ,dan alpukat hawai yang bobotnya mencapai 3 kilogram.

Harga tiket masuk kebun buah   sedayu ini sangat terjangkau,cukup membayar sebesar Rp 10.000 saja anda sudah dapat melihat tanaman buah langka di kebun buah sedayu.  Nantinya, kebun buah sedayu akan membudidayakan bibit buah  anggur sebanyak 40 jenis anggur, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Maps

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *