Wisata Terbaru liburan hutan mangrove Congot kulonprogo tempat hits jogja sangat menggoda alamnya

Wisata Terbaru liburan hutan mangrove Congot kulonprogo tempat hits jogja sangat menggoda alamnya

Wisata Terbaru liburan hutan mangrove Congot kulonprogo tempat hits jogja sangat menggoda alamnya

Hutan Mangrove Congot di Kabupaten Kulonprogo memang tampil beda. Biasanya wisata hutan mangrove terkesan kurang menarik, karena tampilannya begitu-begitu saja. Yaitu sekedar mengelilingi kawasan hutan mangrove melalui jembatan yang dibangun diatasnya. Namun berbeda dengan hutan mangrove Congot. Dengan sentuhan kreativitas, wisata Hutan Mangrove Congot menjadi sangat menggoda. Dan peran media sosial membuat popularitas hutan mangrove ini kian menjadi-jadi. Hutan Mangrove Congot Kulon Progo berada di daerah Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY, tepatnya di perbatasan Jogja-Purworejo.

Di kawasan hutan mangrove Congot seluas 3 hektar yang membentang di aliran Sungai Bogowonto, dan anak Sungai Bogowonto tersebut tidak hanya ada satu spot wisata, tetapi terdapat empat area wisata, yaitu Jembatan Api Api, Pantai Pasir Kadilangu, Wanatirta Pasir Mendit, dan Maju Lestari.

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo – jika Bantul memiliki Karst Tubing Sedayu sebagai wisata baru, Kulon Progo juga tak mau kalah. Kabupaten yang lebih banyak terkenal dengan wisata alam pegunungan dan Air Terjun ini ternyata juga memiliki panorama keindahan di pesisir pantainya. Bukan pantai Glagah Indah saja, kini primadona wisata pantai di Kulon Progo justru ada di sebelah barat yaitu Hutan Mangrove Pantai Congot. Eits, sebenarnya lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo ini bukan ada di Pantai Congot loh ya, namun karena sudah terlanjur salah kaprah, pengunjung pertama menyebutnya Hutan Mangrove Pantai Congot, padahal letak Hutan Mangrove ini masih jauh ke barat dari Pantai Congot. Jadi kalau kamu mencari Hutan Mangrove Kulon Progo dan bertanya kepada warga atau Mbah Google dengan mencari Pantai Congot, bisa saya pastikan kamu akan mendapatkan Zonk. Pasalnya Lokasi Pantai Congot dan Hutan Mangrove ini beda tempat, ya itu tadi karena banyak yang salah kaprah menyebutnya Hutan Mangrove Pantai Congot, untuk lokasi dan rute selengkapnya akan kita bahas di bagian bawah.

maps

Keindahan Hutan Mangrove Kulon Progo

Oke, bagian ini kita akan bahas dulu keindahan dan panorama apa yang dapat kita temui di lokasi wisata baru yang ngehits banget ini. Awalnya, lokasi ini merupakan kawasan konservasi yang didirikan sekitar tahun 90an oleh kelompok Wanatirta dengan menanami pohon bakau guna menangkal abrasi. Namun siring berjalannya waktu muncul ide untuk membuka hutan bakau ini menjadi wisata edukasi kepada wisatawan/masyarakat agar “concern” terhadap pantai dengan melakukan penanaman bakau. Namun diluar ekspektasi, ide membuka wisata HUtan Mangrove di Kulon Progo ini justru malah booming dan menjadi hits di sosial media sehingga pengunjungnya bisa mencapai ribuan. Tak heran jika kemudian Hutan Mangrove Pantai Congot ini terus dikembangkan sebagai wisata alternatif dan wisata edukatif.

Harga Tiket masuk hutan Mangrove Kulon Progo

Untuk masuk dan menikamati pemandangan di Hutan Mangrove, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp. 3.000/orang dan parkir Rp. 2.000/sepeda motor atau Rp. 5.000/mobil. Di sini ada beberapa pintu masuk karena dikelola oleh 3 kelompok.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *