Wisata Kebudayaan Desa Industri Gerabah Kasongan Kreatifitas Masyarakat Yogyakarta

Wisata Kebudayaan Desa Industri Gerabah Kasongan Kreatifitas Masyarakat Yogyakarta

Wisata Kebudayaan Desa Industri Gerabah Kasongan Kreatifitas Masyarakat Yogyakarta

siapa yang tak kenal yogyakarta?? yogyakarta merupakan kota dengan segudang kreatifitas, tidak jauh dari masyarakat yang sangat kental dengan kebudayaan mereka juga mempunyai kreatifitas yang sangat mumpuni untuk kelangsungan hidup mereka. hanya dengan tanah “lempung” bisa dijadikan suatu kreasi yang sangat menawan, yang terkenal kreasi tersebut adalah gerabah. gerabah adalah suatu bentuk benda yang di hasilkan oleh tangan-tangan manusia yang berbahan baku dari tanah “lempung”, biasanya pembuatan dilakukan memakan waktu yang panjang dan tidak mudah. salah satu daerah penghasil gerabah adalah wisata kasongan yang terdapat di pedukuhan kajendesa bangunjiwokecamatan kasihandaerah istimewa yogyakarta.

bagi anda yang ingin berkunjung ke kota yogyakarta, rugi untuk anda lewatkan tentang barang satu ini, selain memiliki ciri khas jogja, juga memiliki keunikan tersendiri. gerabah tidak hanya berupa peralatan rumah saja, terdapat berbagai jenis olahan gerabah seperti celengan “tempat untuk menaruh uang”, fas bungakursipatungpancuran air, dan masih banyak lagi yang akan anda temui di wisata kasongan ini. pernahkan anda membayangkan bagaimana gerabah itu di buat?? sebuah kesempatan menarin untuk anda gunakan sebagai hasil kreatifitas anda.

pembuatan gerabah sendiri ada berbagai cara, bisa dengan cara mal atau cetakan yang sudah ada dan bisa juga mengunakan tangan manual. tentunya akan lebih sulit jika menggunakan tangan, tapi anda jangan kawatir jika anda berwisata di kawasan kasongan anda akan di ajari berbagai trik manual ataupun mal dengan gratis oleh para pengrajin. langsung saja kita belajar membuat gerabah !

-pertama taruhlah papan berbentuk bulat dan atur supaya benda tersebut bisa berputar searah jarum jam dengan memberi tuas sebagai penyangga di tengah benda tersebut juga sebagai pusat putaran.
-kedua siapkan air, air ini akan di gunakan untuk memoles adonan tanah liat nanti pada saat di putar.
-ketiga taruhlah tanah liat “lempung” sesuai kebutuhan anda, usahakan membentuk lingkaran sesuai dengan papan bulat yang anda siapkan tadi.

Salah satunya ada di ujung selatan Jogja. Tepatnya di kabupaten Bantul. Ditempat ini terdapat sentral Kerajinan Gerabah Kasongan Yogyakarta. Sejarah dari desa Kasongansendiri cukup panjang. Dulu kala saat jaman penjajahan Belanda, terdapat desa dengan warganya yang memiliki pekerjaan sebagai petani. Namun pada suatu hari ditemukan kuda yang mati di desa tersebut. Karena warga tau bahwa kuda itu milik Belanda warga menjadi takut. Dan akhirnya warga melepas semua hak tanah. Berjalannya waktu datanglah beberapa warga yang memiliki kemampuan untuk membuat gerabah dan bersambang ke desa tampa penghuni tersebut. Lama kelamaan desa tersebut menjadi ramai. Para warga juga beralih profesi dari petani menjadi pembuat gerabah. Dan sejak saat itu kasongan terkenal sebagai sentral Kerajinan Gerabah Kasongan Yogyakarta.

Banyak sekali jenis kerajinan yang dibuat disini seperti,
1. Kendi
2. Gentong
3. Anglo
4. Cobek
5. Vas
6. Guci
7. Patung Loro Blonyo

Dari semua Kerajinan Gerabah Kasongan Yogyakarta para wisatawan paling suka dengan patung Loro Blonyo. Karena patung ini menjadi khas Jogja. Harga yang ditawarkan pun sangat beragam. Tergantung bagaimana kerumitan dan ukuran dari gerabah. Tentu saja para wisatawan juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung dirumah pengrajin atau digaleri – galeri yang ada di desa Kasongan. Atau bahkan para wisatawan bisa mencoba untuk membuat gerabah. Karena disetiap galeri akan diadakan workshop cara membuat gerabah. Kalian hanya perlu bilang dengan sopan kepada pemilik galeri. Namun jangan sampai kalian mengganggu proses dari kerajinan. Tapi tenang, keramahan warga jogja akan terasa saat kalian berkunjung dan mencoba untuk berkomunikasi.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *