Menu Close

Pantai Jungwok Gunungkidul Tempat Paling Asik di Jogja Untuk Camping

pantai jungwok gunungkidul

Camping di gunung itu udah mainstream banget, sekali-kali kamu bisa mencoba camping di pantai. Pantai di Yogyakarta yang paling terkenal buat camping ya Pantai Jungwok. Nama pantai yang rada-rada kekorea-koreaan ini termasyur dengan ketenangan dan keseruan yang cocok buat camping.

Camping di Pantai Jungwok Gunungkidul

Camping Menyenangkan di Pantai Jungwok

@heru_setiyanto

Kehangatan dan keseruan bersama teman-teman dalam suasana camping bakalan kamu dapatin di Pantai Jungwok. Selain ketenangan, pantai ini juga cukup sepi. Jadi kalian bebas tertawa-tawa menikmati malam yang penuh canda. Jangan lupa nyalakan api unggun dan ayam panggang atau jagung panggang sewa mobil yogyakarta

Kamu bisa mendirikan tenda di tepi pantai. Atau jika kamu ingin mendapatkan suasana berbeda, kamu bisa mendirikan tenda ke Bukit Manjung di sisi kanan pantai. Ketika pagi, dari bukit ini kamu akan menemukan sunrise sunset yang begitu sempurna rental mobil jogja

Selain Camping, Kamu Juga Bisa Trekking

@dhian_hardjodisastro

Menikmati pantai tidak melulu berjalan-jalan di tepi pantai yang pasirnya berwarna putih ini. Di Pantai Jungwok kamu bisa treking, lho. Pasti seru kan bareng sama temen-temenmu melakukan hal ini, bakalan tambah memperetat pertemananmu.

Ada dua rute treking yang dapat dipilih. Kamu bisa ke timur, kamu akan menyusuri bukit-bukit. Dan akan menemukan pantai-pantai yang menarik dan sepi alias tersembunyi. Sedangkan treking ke arah barat, kamu akan menemui alam perbukitan Manjung yang hijau. Naiklah ke puncak bukit ini kamu akan menemukan laut luas yang begitu mempesona.

Mancing Yuk, Ikannya Bisa Buat Makan Malam

@jaufullail

Selain tempat camping terpopuler, Pantai Jungwok juga menjadi tempat pemancingan favorit. Lihat saja, banyak orang-orang memancing di bukit-bukit karang di sekitar pantai.

Kamu bisa bergabung dengan mereka dan tentu harus sudah mempersiapkan alat pancing sendiri. Siapkan diri untuk mendapatkan tangkapan yang tidak terduga untuk makan malammu.

Jam Buka, Harga Tiket, dan Fasilitas

Karena pantai ini memang ditujukan untuk camping, jam bukanya tentu 24 jam. Untuk harga tiketnya Rp. 5.000, ini dibayar di gerbang pintu masuk yang sama dengan Pantai Wediombo. Biaya pakir motor Rp. 2.000 dan Rp. 3.000 untuk pakir mobiljika tidak menginap. Jika menginap, untuk motor Rp. 5.000, sedangkan untuk mobil Rp. 10.000 saja.

Tenang saja, walaupun Pantai Jungwok terbilang masih sepi, fasilitas standar sudah tersedia. Kamu bisa menemukan toilet, warung, dan tempat parkir.

Lokasi dan Rute

Lokasi Pantai Jungwok berada di Desa Jepitu, Kelurahan Tepus, Kecamatan Girisobo, Kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Jungwok berada di sebelah timur Pantai Wediombo. Tidak usah khawatir tersesat, soalnya sudah ada penunjuk jalan yang akan memandumu sampai ke lokasi wisata ini. (map)

Waktu yang akan ditempuh jika berangkat dari Yogyakarta menuju Pantai Jungwok sekitar 2-3 jam. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Rutenya sebagai berikut, berangkat dari Yogyakarta kamu menuju Kota Wonosari. Kemudian ambil jalan lurus ke Kecamatan Semanu. Belok kanan ketika sampai di pertigaan Semanu. Ikuti jalan menuju arah Pantai Wediombo. Kamu akan menemukan plang menuju Pantai Jungwok sebelum sampai di Pantai Wediombo. Ikuti palang itu sampai kira-kira satu kilometer, sampai menemukan Pantai Jungwok.

Rute alternatif yang bisa kamu pilih yaitu Yogyakarta – Jalan Wonosari – Patuk – Pasar Wonosari belok kanan – pertigaan Mulo belok kiri – Pertigaan Siung lurus – Pertigaan Wediombo belok kanan. Oke, segeralah berwisata dan camping di Pantai Jungwok Gunungkidul.