candi ijo sleman

Lokasi Candi Ijo Sleman Wisata Candi di Jogja Paling Keren dan Menarik

Sewa Mobil Jogja CV TUGU – Kamu sudah mengunjungi berapa banyak objek wisata di Yogyakarta? Memang sih, objek wisata di Yogyakarta ini beraneka ragam dan sangat menarik untuk dicoba satu per satu. Salah satu yang terkenal adalah Candi Ijo Yogyakarta. Candi ini terletak pada ketinggian 410 m di permukaan laut. Jadi, Candi Ijo meruapakan candi tertinggi di Yogyakarta.

Wisata Candi Ijo Sleman Yogyakarta

Candi Yang Letaknya Paling Tinggi di Yogyakarta Bikin Pemandangannya Jadi Seindah Ini!

candi ijo sleman

@hervanaf candi ijo sleman

Mengunjungi Candi Ijo kamu akan mendapatkan kesan yang tidak terlupakan. Letak Candi Ijo yang tinggi menjadi keistimewaannya. Dari ketinggian pasti kamu akan melihat pemandangan yang begitu menarik.

Jika kamu melihat ke bawah, kamu akan melihat areal perladangan, pesawat, landsap Merapi. Pesona yang paling menarik dari Candi Ijo adalah sunset romantisnya.

Selain itu, Candi Ijo juga akan memamerkan suasana dramatis. Itu akan kamu dapatkan ketika pesawat yang tengah landing melewati candi. Memang, tidak jauh dari candi ini ada Bandara Adisutjipto. Keberadaan Candi Ijo juga menjadi alasan bandara tersebut tidak bisa diperpanjang ke arah timur.

Sedikit Sejarah Mengenai Candi Ijo

candi ijo sleman

@why_atmaja candi ijo sleman

Pada abad ke sembilan, Candi Ijo dibangun. Komplek candi ini memiliki 17 struktur bangunan, terdiri dari 11 teras beundak. Kamu perlu tahu, jika bangunan pada tiap teras itu dibangun berdasarkan kesakralannya.

Bangunan paling atas yaitu di teras 11 adalah bangunan paling sakral. Kamu akan menemukan empat bangunan terdiri dari satu candi utama dan tiga candi pewara.

Candi Teras ke 9 Yang Penuh Misteri

candi ijo sleman

@nurfarhanahsaffie candi ijo sleman

Di antara candi di Candi Ijo, yang penuh misteri adalah Candi Teras 9. Kamu akan menemukan dua prasasti yang berada di bangunan candi ini. satu prasasti berkode F adalah tempat pertapaan. Prasasti yang satunya dipercaya adalah mantra-mantra kutukan.

White Cayon Jangan Dilewatkan

Jika kamu mengunjungi Candi Ijo kamu jangan sampai melewatkan lokasi penambangan Batu Gamping. Tempat ini adalah areal penambangan kapur purih. Kamu akan menemukan tebing-tebing berwaena putih yang sangat cantik untuk dijadikan latar fotomu. Ini juga menjadi tempat favorit untuk foto prewedding.

Lokasi dan Akses Menuju Candi Ijo

Sudah tidak sabar  untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini? Kamu bisa menemukan candi ini di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Jika kamu datang dari arah Solo, kamu bisa melewati jalan Raya Prambanan sampai ke Piyungan. (map)

Selanjutnya ketika sampai di Candi Boko, kamu belok ke arah kiri. Ikuti saja penunjuk arah. Tenang saja, bagi kamu yang menggunakan kendaraan roda dua, jalan menuju Candi Ijo bisa kamu lewati kok. Walaupun, kamu harus hati-hati karena jalannya yang menanjak. Candi Ijo terletak di kiri jalan.

Jam Buka, Harga Tiket, dan Fasilitas di Candi Ijo

Kamu bisa mengujungi Candi Ijo  kapan saja, soalnya objek wisata ini dibuka setiap hari, yaitu Senin sampai Minggu. Tepatnya dibuka pada pukul 07.30 sampai 18.00. waktu yang tepat untuk datang, tentu saja sore hari. Soalnya, kamu bisa menikmati senja cantik yang sangat eksotis dan takkan terlupakan.

Tenang saja, tiket untuk memasuki objek wisata ini sangat terjangkau. Hanya Rp5.000 per orang. Dengan biaya yang super murah ini kamu akan menikmati keistimewaan arsitektur candi yang sungguh megah dan menarik.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang Candi Ijo kamu bisa menemui penjaga yang ada di Pos Penjaagaan Candi Ijo. Untuk penginap, belum tersedia, kamu bisa mencarinya di sekitar Candi Prambanan.

No Responses

Write a response