gua jomblang gunungkidul

Wisata Gua Jomblang Gunung kidul Fenomena Cahaya Surga Terkeren di Jogja

Rental Mobil Jogja – Pernah nggak membanyangkan indahnya sinar matahari yang menerobos ke dalam ruang bawah tanah dan membentuk sinar yang unik, indah dan mempesona? Kalau belum bisa membayangkan, maka kalian harus melihatnya dengan berwisata ke Gua Jomblang Gunung kidul.

Keindahan gua bawah tanah yang dipadu dengan fenomena sinar matahari menerobos dalam lubang dan jatuh di atas batu banyak disebut sebagai cahaya surga karena keindahannya yang luar biasa. Pokoknya nggak bisa menjelaskan, mending baca ulasannya berikut ini…

Liburan di Gua Jomblang Gunung kidul

Gua Jomblang Masuk Dalam Deretan Pegunungan Dari Gombong Hingga Pacitan

gua jomblang gunungkidul

@david8js

Gua Jomblang yang terkenal keindahannya ini berada dalam pegunungan sewu. Jajaran gunung ini memanjang sejak dari Gombong Jawa Tengah hingga Pacitan, Jawa Timur, dan sebagian berada di wilayah Gunung kidul ini.

Terbentuknya Gua Jomblang adalah sejak ratusan tahun yang lalu. Bentuk vertikalnya dihasilkan sebab tanah yang ambles ke dasar bumi. Berawal dari gua vertikal, lorong bawah tanahnya menyimpan sejuta keindahan.

Perjuangan Turun Caving Dengan Pilihan Rute Kedalaman Sesuai Keberanianmu. Ayo Pilih Yang Mana??

gua jomblang gunungkidul

@meganhassa

Ya, untuk menikmati fenomena alam dalam Gua Jomblang, kita harus susah payah melakukan caving. Yaitu turun ke kedalaman lobang gua dengan berpegangan pada satu tali saja. Teknik yang lumayan melelahkan.

Untuk uji nyali kamu bisa pilih rute yang berbeda. Ada rute VIP bagi kamu yang masih pemula. Tetapi tetap turun ke dasar dengan kedalaman 20 meter. Selain itu ada pilihan rute 40 meter, 60 meter, dan yang paling ekstrem adalah 80 meter.

Ini Inti Keindahan Yang Dicari Dalam Gua Jomblang, Cahaya Surga!

gua jomblang gunungkidul

@horace327

Untuk menikmati keindahan sinar matahari membentuk tiang yang indah, maka pengunjung harus berjalan menyusuri lorong sungai bawah tanah. Bagian langit-langit gua banyak terdapat stalaktit, dan sesekali meneteskan air. Perjalanan menyusuri lorong gua semakin gelap.

Akhirnya kamu dan rombongan akan sampai di Gua Grubug. Disitulah fenomena sinar matahari yang masuk ke dalam gua vertikal itu menjadi sangat indah tak terlukiskan dengan kata. Apalgi tepat di bawah sinar itu terdapat sebuah batu besar yang biasa dipakai selfie oleh para pengunjung. Namun harus hati-hati kalau ingin naik ke batu besar tersebut karena licin oleh lumut.

Lokasi dan Rute Gua Jomblang Gunung kidul Yogyakarta

Wisata Gua Jomblang berlokasi di Dukuh Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute mudah ke Gua Jomblang adalah dengan menggunakan jasa sewa mobil Avanza. Harganya sekitar Rp500.000 pulang pergi. Lokasi Gua Jomblang dari pusat kota Jogja sekitar 50 Km. (map)

Rutenya: dari Jogja menuju ke Wonosari Gunung kidul, lalu ke Jalan Semanu lalu mengikuti papan petunjuk ke arah Gua Kali suci. Setelah itu kamu dan rombongan segara sampai di Gua Jomblang.

Harga Tiket Masuk Gua Jomblang dan Waktu Bukanya

Demi mencari momentum yang paling indah, maka wisata Gua Jomblang buka mulai jam 10 pagi sampai jam 14 saja. Perhitungannya, jika sampai sebelum jam 12 di Gua Grubug, maka fenomena sinar cahaya surga akan sampai puncaknya. Untuk tiket masuk sebenarnya tidak ada. Hanya biaya parkir sebesar Rp3.000. Itu jika kamu sudah bawa peralatan sendiri.

Namun jika ikut dengan paket tour, maka biasa dipatok Rp450.000 sudah termasuk makan siang, peralatan, dan pemandu serta asuransi. Untuk fasilitas tidak ada di sekitar lokasi karena memang hutan. Untuk menginap kamu bisa numpang di rumah kepala dusun dengan memberi uang seikhlasnya.

Nah, sudah siap bertualang dan uji nyali ke Gua Jomblang, Gunung kidul Yogyakarta? Ayo ajak rekan-rekan travelingmu untuk uji nyalit kesini. Selamat bergelantungan aja deh …

 

 

No Responses

Write a response