Menu Close

Wisata Lava Bantal Sleman Destinasi Liburan Seru di Jogja

wisata lava bantal jogja

Rental Mobil Jogja CV TUGU – Di Sungai Opak, Sleman, terdapat batuan besar di tepi sungai Opak. Sungai yang mengalir melalui Kabupaten Bantul dan Sleman ini berhulu di Gunung Merapi, sekaligus menjadi batas alami Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. wisata lava bantal sleman

Batuan besar memanjang di bantaran sungai Opak ini disebut Lava Bantal. Menyusuri Sungai Opak dan menikmati keindahan Lava Bantal banyak dijadikan pilihan wisata, lo. Simak ulasannya berikut ini.

Wisata Lava Bantal Sleman Jogja

Batuan Bentuknya Mirip Bantal, Ini Asal Mulanya

Wisata Lava Bantal Sleman Destinasi Liburan Seru di Jogja 1
@watii_yk_95 wisata lava bantal sleman

Lava bantal merupakan hasil lelehan lava yang bersentuhan dengan air laut. Pembekuan yang terjadi secara mendadak saat lava bersentuhan dengan air laut membuat mineral pembentuk batuan terpilah dengan baik.

Tetapi kemudian lava ini membentuk geometri seperti bantal. Bentuk bulat lonjong terjadi akibat tekanan hidrostatis. Batuan ini dulunya merupakan lahar atau lava dari Gunung Api di bawah laut. Dalam waktu jutaan tahun lahar yang membeku terbentuk lonjong dan menjadi lava bantal.

Keberadaan lava bantal ini membuktikan bahwa kawasan tersebut dulunya berada di bawah laut. Dalam proses jutaan tahun yang lalu kawasan kemudian menjadi daratan. Sehingga menyusuri sungai Opak dalam geo tubing merupakan wisata edukasi. Wisata sambil belajar sewa mobil di jogja

Naik Ban Menyusuri Sungai Hingga 2 Km. Dijamin Seru!

Wisata Lava Bantal
@ngejalan

Geo Tubing Lava Bantal tidak lain adalah kegiatan menyusuri Sungai Opak dengan spot andalan jajaran Lava Bantal dan sejarahnya. Kamu bisa memilih trek pendek yang hanya 200 meter, atau memilih trek panjang yang mencapai 2 Km. Tentunya trek panjang ini akan semakin menyuguhkan berbagai pemandangan yang mengagumkan.

Fasilitas dan Lokasinya Sudah Nyaman, Kalian Nggak Akan Rugi

wisata lava bantal sleman
Jembatan Spot foto di Lava bantal @laelyratnasari

Dulunya kawasan Lava Bantal ini memang kurang mendapat perhatian. Tapi sejak Desember 2016 tempat ini sudah diresmikan dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat. Bahkan wisata di Sungai Opak bisa dikombinasikan dengan wisata Prambanan, Candi Ijo, Tebing Breksi, dan Candi Abang. (map)

Di lokasi titik pemberangkatan geo tubing sudah tersedia banyak fasilitas pendukung. Dari warung-warung makanan dan minuman, toilet dan kamar mandi, musholla dan penyewaan perlengkapan serta tempat parkir.

Ini Lokasi dan Rute ke Geo Tubing Lava Bantal Sleman

Wisata Lava Bantal Sleman Destinasi Liburan Seru di Jogja 2
@anggra_ryn

Lava Bantal Jogja berlokasi di Jalan Berbah – Prambanan, Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya dekat dengan Candi Abang. Perjalanan dari Jogja dimilai dari Tugu Jogja ke arah barat menuju Pertigaan Jl. Sudirman.

Terus lurus ke Perempatan Cik Dik Tiro, beloklah ke kiri menuju UGM. Dari Bundaran UGM lalu menuju jalan Colombo – perempatan Sagan, ambil jalan lurus sampai pertigaan Gejayan. Beloklah ke kanan ke Demangan Baru. Di peremaptan Demangan ambil jalan ke kiri.

Sampai di pertigaan Jalan Adi Sucipto lurus saja sampau jalan Ring Road timur. Ikuti saja sampai ke jalan Maguwo. Ambilan jurusan ke jalan Berbah-Prambanan.

Harga Tiket Dan Biaya Geo Tubing

Untuk masuk ke lokasi kamu nggak perlu bayar. Tapi untuk berarung sungai lava bantal ini barulah membayar paket yang kamu pilih. Untuk trek pendek hanya Rp30.000 saja, sedang untuk trek panjang Rp50.000. kamu sudah mendapat perlengkapan berupa ban pelampung, baju pelampung, dan pemandu.

Sebagai tambahan, kami sarankan untuk mengisi perut sebelum mengarungi sungai. Biar bertenaga. Pakai baju yang nyaman untuk basah-basah misalnya kaos dan celana parasut agar cepat kering. Jangan pakai sandal jepit ya, nanti hanyut. Lebih baik pakai sepatu karet, yang juga bisa kamu sewa dari pengelola.

Untuk mengabadikan momenmu di Sungai ini perlu membawa kamera yang tahan air, kalau tidak ada bisa memanfaatkan drybag saja. Ohya, kamu mungkin perlu membawa camilan jika memilih trek panjang. Tapi ingat jangan buah sampah sembarangan. Oke, segera rencanakan petualanganmu ke Lava Bantal Sungai Opak, Sleman. Selamat berwisata…