desa wisata kasongan

Desa Wisata Kasongan Bantul Sentral Kerajinan Gerabah di Jogja

Rental Mobil Jogja CV TUGU – Tak melulu pantai, hutan, spot foto di gunung dan wisata budaya di keraton, kamu pun harus tahu kalau di Jogja ada desa yang menjadi sentra industri keramik terbesar. Desa wisata Kasongan namanya. Jika berkunjung ke Jogja, lengkapilah agenda wisatamu dengan mengenal keagungan budaya dan seni kita di desa ini. Biar kamu lebih dekat mengenal tentang keramik dan gerabah desa wisata kasongan

Desa Wisata Kasongan Terpopuler di Jogja

Bermacam Kerajinan Berbahan Keramik dan Gerabah Bisa Kamu Jumpai di Sini

desa wisata kasongan

@wafa.sofiah desa wisata kasongan

Dulunya desa ini hanya sebagai sentra industri gerabah dan keramik saja. Namun lama-kelamaan difungsikan juga sebagai tujuan wisata seni dan budaya. Hal ini berawal dari tahun 1971 ketika seorang seniman besar Yogyakarta bernama Sapto Hudoyo yang mengembangkan kerajinan gerabah bernilai seni rental motor jogja

Ia membina masyarakat Desa Kasongan agar mengikuti usahanya. Perkembangan keramik senu semakin pesat dengan berdirinya Sahid Keramik pada tahun 1980-an.

Tak Main-Main, Hasil Kerajinan Dari Desa Ini Telah Diekspor ke Jepang dan Korea

desa wisata kasongan

@kostubatravel

Hasil kerajinan keramik dan gerabah dari Desa Kasongan ini bukan barang mudahan atau rendahan, Guys. Kita harus bangga membeli benda-benda kerajinan dari desa ini. Soalnya hasil kerajinan mereka telah menembus pasaran di Amerika dan Eropa. Keren kan?

Bukan itu saja. Negara-negara Asia seperti Malaysia, Singapura hingga Jepang dan Korea juga impor hasil kerajinan dari Desa Kasongan. Bentuk kerajinan yang diproduksi memang beragam. Ada guci, vas bunga, souvenir, dan lain sebagainya.

Di Pasar Kasongan, Semua Keindahan Seni Gerabah dan Keramik Bisa Kamu Dapatkan

desa wisata kasongan

@anagard_stcl

Ya, di pasar ini kamu bisa berburu berbagai benda seni berbahan keramik dan gerabah. Para kolektor benda-benda seni juga banyak yang berburu benda seni di pasar ini juga. Bentuknya pun beragam sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan tebal tipsinya isi kantong.

Untuk benda-bedan souvenir yang mudah kamu bawa saat pulang dari berwisata misalnya patung kecil, wadah lilin, asbak, dan lain lain. Harga kerajinan gerabah dan keramik mulai dari yang 5 ribuan hingga jutaan tersedia di pasar Kasongan.

Lokasi dan Rute ke Desa Wisata dan Pasar Kasongan

Lokasi Desa Wisata Kasongan adalah di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. Sedangkan pasar tradisionalnya bertempat di Dukuh Kajen. Jaraknya dari pusat kota Jogja hanya 8 Km saja. Untuk ke sini kamu tinggal mengikuti jalan Bantul. ( map )

Sampai di KM 5,6 Jalan Bantul tak jauh dari situ kamu akan temui koridor berbentuk gapura merah dengan tulisan Desa Wisata Kasongan. Kendaraan ke desa ini juga banyak.

Untuk Pasar Kasongan mulai buka pukul 09.00 WIB sampai malam pukul 21.00. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan sendiri. Sambil jalan-jalan kamu bisa lihat langsung proses pembuatan keramik dan gerabah di desa ini. Nggak   perlu sungkan tanya-tanya, penduduk sekaligu para pengrajin di desa ini ramah-ramah kok.

Nah, kalau kamu sedang berwisata ke Yogyakarta, maka jangan lewatkan untuk berburu cinderamata dan souvenir istimewa dari Desa Wisata Kasongan. Selain bernilai seni tinggi, kamu juga menunjukkan kebanggaan dan penghargaan terhadap karya anak negeri. Jangan sampai kamu beli souvenir dari Jepang atau Korea eh, ternyata Made In Kasongan juga. Selamat berburu souvenir aja ya Guys…

No Responses

Write a response